Pages

Selasa, 20 April 2010

Pria juga wajib tahu, Titik..!!!

Sakit hati sekali rasanya saat kita sakit, malah ada teman dekat yang menganggap sakit yang kita derita hanya sebagai alasan untuk menghindari sesuatu atau hanya sekedar keinginan untuk bermanja - manja. Seperti waktu - waktu lalu, saat saya benar - benar terkapar tanpa daya seharian dirumah. Ya, hanya meringkuk di kamar. Membatalkan semua janji dengan teman, tak bernafsu pada komputer dan TV, bahkan rela bolos kuliah, sodara - sodara..!!!
Apa gerangan yang terjadi pada saya..??? Saya sedang mengidap PMS waktu itu.

apa itu PMS..??
Premenstrual Syndrom atau yang lebih sering disingkat menjadi PMS adalah sejenis penyakit yang sangat menyusahkan hampir 85% wanita sedunia. Penyakit ini menyerang wanita saat akan atau sedang dalam masa menstruasi, sangat mengganggu fisik dan mental wanita. Biasanya korbannya adalah wanita usia 17 - 50 tahun.

Bagaimana Gejala dan Dampaknya pada penderita..??
Mengapa saya berani mengatakan bahwa ini sangat mengganggu fisik hingga mental penderita?
Saat PMS mulai menunjukkan kuasanya, maka sipenderita akan mengalami reaksi fisik yang sangat tidak nyaman. Akan ada nyeri disekitar payudara, kram diperut bagian bawah, pegal di sekitar pinggang belakang, badan terasa remuk, kepala pusing, mual hingga muntah, bahkan yang terparah gemetar pada lutut yang biasa berlangsung dua hari sebelum dan dua hari selama menstruasi.
Lalu, siapa yang tidak tertekan mentalnya jika sudah menghadapi hal seperti ini..?? Maka, penyakit 'kejiwaan' lain yang akan menyusul adalah mudah gelisah, Emosi yang tiba - tiba meledak tak karuan, hingga depresi.
Namun, teman - teman pria biasanya menyepelekan hal ini. Berikut beberapa komentar teman pria saya:
1. " Alah, sakit segitu aja. Kan yang sakit cuma perut, masa sampe gak bisa ikutan nongkrong dikantin sih?? Payah.." Biasanya saya hanya diam saja kalau digituin, karena akan lebih panjang lagi urusannya jika saya ikut menanggapi. Kebawa emosi akhirnya.
2. " Masa cuma karena PMS yang gak seberapa, kamu mau ikut kuis susulan ?? Dosen Akuntansi Perpajakan itu mana mau terima alasan ecek - ecek gitu.." Hah... PMS dikatain gak seberapa dan dibilang alasan ecek - ecek. Kurang Ajar betul !!!
3. Kan dapetnya tiap bulan, masa masih gak bisa nahan sakit sih..??? Manja banget..!!!" PMS itu ibarat sakit gigi, kawan. Memang sakitnya cuma dimulut, tapi efeknya nyebar kemana - mana.

Lalu apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan.. ??
Teman saya sesama penderita ada yang menganjurkan mengkonsumsi obat instan yang telah dipasarkan secara umum. Namun, tidak semua manjur mengingat kadar PMS tiap wanita berbeda.
Saya lebih nurut pada saran Ibu saya, bukan karena dia itu Ibu saya. Tapi, karena Ibu saya juga penderita seperti layaknya saya.

~ Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, Vitamin B6, dan Mineral.
Seperti yang terdapat pada Nasi, Umbi - umbian, Sereal, Ikan, Telur serta kacang - kacangan dan perbanyaklah minum air putih.
~ Sebisa mungkin hindari meminum susu
Kandungan Kalsium pada susu justru memperlambat penyerapan magnesium, berbanding terbalik dengan kondisi tubuh yang membutuhkan banyak sekali magnesium saat lagi 'dapet'.
~ Makan buah yang rasanya asam
Biasanya PMS takut sekali pada Nanas, Kedondong, Mangga, dan buahan asam lainnya. Karena zat asam pada buah ini mampu meluruhkan 'gumpalan' yang mengganjal diperut bawah.
~ Biasakan Olah raga teratur minimal jalan kaki keliling Blok secara rutin.
(Ini yang paling tidak pernah saya lakukan)
~ Kurangi makanan berbahan Tepung
Mie Instant, Roti, Pasta, bahkan Puff Pastry yang rasanya menggoda harus hindarkan. Mengingat bahan baku pembuat makanan ini dapat menampung dan menyerap kadar air dalam tubuh. Justru saat lagi 'dapet' sebaiknya kadar air dalam tubuh harus diminimalkan, karena dapat mengakibatkan rasa mual.

Apa dampak PMS Jangka Panjang..??
Belum ada satupun pendapat yang saya dengar, bahwa PMS bisa mengakibatkan kematian.

Lalu, apa hubungan Artikel ini dengan Judul diatas..?? Saya cuma ingin menyadarkan para lelaki yang tidak punya hati agar lebih memahami saudaranya, temannya, pacarnya, sahabatnya, dan pada wanita lain yang tengah menderita PMS. Kelihatan memang sepele, tapi cobalah bayangkan seandainya Anda (lelaki) berada pada posisi ini.  Menanggung sakit tiap bulan, lalu kami (perempuan) dengan tidak berperasaannya mengata - ngatai Anda manja, cengeng, lain sebagainya.

BAGAIMANA PERASAAN ANDA, para Pria..???

0 komentar:

Posting Komentar